Kertak Baru Cempaka Tergenang

Anak – anak warga Jalan Kertak Baru RT 24 RW 08 Kelurahan Cempaka Banjarbaru bermain di luar rumah saat jalanan tergenang

DUTA TV BANJARBARU – Hujan deras yang mengguyur Banjarbaru pada Senin (11/02) pagi menyebabkan banjir yang menggenangi kawasan Jalan Kertak Baru RT 24 RW 08 Kelurahan Cempaka Banjarbaru. Dari pantauan, genangan masih bertahan hingga  Senin siang.

Diketahui, banjir yang menggenang kawasan Kertak Baru ini  terjadi berulang – ulang selama musim hujan, sehingga mengganggu aktivitas warga setempat.

“Jam 9 – 10an. Di sini langganan banjir. Jadi terganggu,”kata seorang warga, Mukarramah.

“Ini sudha surut, tadi jam 10 yang parah. Terganggu dan ini tiap tahun. Di situ kan agak sempit sungainya, harus diperlebar,”ujar warga lain, Haitami.

Genangan banjir di Jalan Kertak Baru RT 24 RW 08 Kelurahan Cempaka Banjarbaru ditengarai akibat badan sungai yang menyempit dan pendangkalan Sungai Kertak Baru.

Sehingga ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan ini, Sungai Kertak Baru tidak mampu menampung debit air dan menyebabkan air meluap ke pemukiman penduduk.

Peristiwa tersebut juga menjadi perhatian pihak Kelurahan Cempaka untuk melakukan normalisasi sungai guna mencegah kejadian serupa. Upaya normalisasi sungai berupa pelebaran dan pengerukan sungai dilakukan secara bertahap, dimulai dari kawasan hulu di Gunung Kupang sepanjang 1,5 KM sebelum melakukan normalisasi di kawasan Kertak Baru RT 24 RW 08.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan Lurah Cempaka, Junaidi.

“Rencana 2019 ini mau dibelarkan dan pengerukan. Tapi un tuk melabarkannya kita mulai dari hulu. Karena hulu belakang Polsek bantara bangunan tidak banyak, sheingga memudahkan di sana. Setelah dari sana 1,5 KM di Gunung Kupang, ditarik ke tengah. Tapi ini belakangan,”kata Junaidi.

Junaidi menambahkan, apa yang sudah direncanakan tersebut juga telah disosialisasikan ke masyarakat, terutama tokoh masyarakat dan agama.

 

Reporter : Fikri Izzudin Noor

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.