Sosial

Napak Tilas Pahlawan Ampera Hasanuddin HM Ke-53

DUTA TV BANJARMASIN – Gubernur  Kalimantan Selatan  Sahbirin Noor Sabtu (16/02) pagi memimpin upacara peringatan gugurnya pahlawan ampera Hasanudin HM yang diselenggarakan di halaman kantor Bank Mandiri Banjarmasin.

Dalam peringatan yang dihadiri oleh civitas akademika, alumni komponen 66 dan para mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Gubernur Kalsel yang bertindak sebagai pemimpin upacara  berharap momentum ini dapat menjadi semangat bagi segenap lapisan masyarakat, khususnya para mahasiswa untuk bersama-sama berjuang membangun Kalimantan Selatan agar menjadi lebih maju.

Selesai melaksanakan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan kirab napak tilas  perjuangan Hasanudin Majedi.

Napak tilas ini dilakukan para mahasiswa dengan menyusuri sejumalh ruas jalan di Kota Banjarmasin, diantaranya Jl Lambung Mangkurat, Jl Pierre Tendean, jembatan Dewi, dan Jl Pangeran Samudera.

Usai pelepasan kirab, Gubernur Sahbirin Noor mengatakan, peringatan ini jangan hanya sebagai seremonial. Banyak nilai perjuangan yang patut dicontoh untuk kemajuan Banua dari sosok seorang Hasanudin HM.

“Hasanudin telah mengorbankan nyawanya di dunia pendidikan. Ini tentunya  menjadi pendorong semangat bagi kita yang hadir hari ini, di jaman ini untuk mengenang, mengingat dan menteladani apa yang telah beliau sumbangkan bagi negeri ini,”kata Gubernur Sahbirin.

Sementara itu Ketua Ikatan Alumni ULM, Pangeran Gusti Rusdi Efendi berencana membangun sebuah monumen untuk mengenang perjuangan Hasanudin HM sebagai pahlawan Ampera.

“Monumen ini untuk generasi yang akan datang agar mereka mengenal Pahlawan Ampera, dan pendiri ULM Brigjen Hasan Basri. Lokasinya di kampus ULM, di pintu gerbang yang baru,”kata Gusti Rusdi Effendi

Sebagai mana diketahui, untuk mengenang jasa dan perjuangan sosok mahasiswa ULM tersebut, saat ini nama Hasanudin HM telah diabadikan menjadi nama jalan, gelanggang olah raga dan masjid di Banjarmasin.

 

Reporter : Ahmad Sahsda Bakti


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *