Menjajal Sirkuit Mandalika Seharga Rp 950 M

Jakarta, DUTA TV Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal menggelar balapan World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.

Secara keseluruhan kondisi jalan sudah beraspal 100% sepanjang 4.310 m2 dengan tikungan sebanyak 17. Debris fence juga telah terpasang sepanjang track yang fungsinya sebagai pagar penahan agar motor atau puing tidak memasuki area penonton jika ada insiden yang tidak diinginkan terjadi.

Selama melintasi sirkuit Mandalika, mata dimanjakan dengan pemandangbalan indah bukit dan pantai. Tampak beberapa pekerja masih sibuk menyelesaikan proyek, sehingga truk-truk besar dan alat berat banyak ditemukan di luar area sirkuit.

Pekerja tersebut sedang fokus untuk menyelesaikan fasilitas pendukung sirkuit Mandalika seperti pit building (50 garasi dengan 2 lantai), paddock, hingga medical facility.

“Itu adalah modular seperti kayak rumah sakit COVID dibikin oleh salah satu kontraktor. Sekarang sudah on the way kita rencananya itu dipasang minimal sebelum World Superbike sudah ada dan itu dibangun sekaligus dengan listriknya, dengan Telkom-nya,” kata Kepala Divisi Operasional MGPA Dyan Dilato di Sirkuit Mandalika, Rabu (13/10/2021).

Selain itu juga sedang dikejar penyelesaian race control di depan area sirkuit Mandalika. Itu merupakan ruangan khusus yang diperuntukkan sebagai tempat melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan. Ruangan ini memiliki persyaratan seperti peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun Internasional, jaringan Wi-Fi, CCTV, TV, sistem pencahayaan, sistem waktu, hingga transponder

Sedangkan kesiapan area di luar sirkuit Mandalika, untuk akomodasi terdapat hotel bintang 5, bintang 4, hingga bintang 3 sekalipun yang beberapa di antaranya masih dalam tahap pembangunan.

“Five star-nya itu ada Novotel dan Pullman. Yang four star atau three star ada sekitar 20, kalau yang kurang ada di homestay. Tapi itu bukan hambatan,” tuturnya.

Dyan mengatakan proyek ini menelan biaya sebesar Rp 950 miliar. Tetapi itu hanya untuk pembiayaan track-nya, sedangkan keseluruhan sirkuit (beserta bangunan penunjang) bisa mencapai Rp 1 triliun lebih.

“Untuk track kita keluar Rp 950 miliar. Kalau dengan sirkuitnya Rp 1,7 triliun sampai Rp 1,8 triliun,” tuturnya.

Untuk diketahui, salah satu keunggulan sirkuit Mandalika karena aspal yang digunakan berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA), merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan itu diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan supaya kuat, dengan prinsip kontak stone by stone untuk memperkuat struktur lapisan.

Dengan adanya kehadiran sirkuit Mandalika yang juga akan menggelar MotoGP pada Maret 2022 mendatang, diharapkan dapat mengundang turis dan mendatangkan pariwisata wilayah setempat.(dtk)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *