Kontraktor Jembatan Mandastana Dituntut 6 Tahun Penjara

DUTA TV BANJARMASIN – Sidang dugaan kasus tindak pidana korupsi, yang mengakibatkan ambruknya jembatan Tanifah Mandastana kabupaten Barito Kuala pada 17 Agustus 2018 lalu kini sudah memasuki agenda tuntutan.

Dalam persidangan, kedua terdakwa yakni Rusman Adji selaku direktur utama PT Citra Bakumpai Abadi bersama dengan rekannya Yudi Ismani selaku konsultan pengawas proyek dibacakan tuntutannya secara terpisah.

Terdakwa Rusman Adji dijerat pasal 2 dengan tuntutan hukuman 6 tahun pidana penjara, dengan denda Rp 500 juta, subsider 6 bulan, serta membayar uang peganti sebesar Rp 16 miliar.

Sementara itu, setelah membacakan tuntutan kurang lebih satu jam setengah, sidang dilanjutkan terhadap Yudi Ismani, terdakwa dituntut dengan pasal yang sama namun hukuman pidana 5 tahun penjara, denda Rp 50 juta dan membayar uang peganti sebesar Rp 43 juta.

“Kita tetap mengupayakan untuk melalukan pembelaan dengan tuntutan jaksa. Nanti kita lihat untuk putusan. Ada beberapa poin keberatan dijelaskan pasal 2. Sebenarnya kita ingin pasal yang turut serta tapi dikenakan pasal dua, yang jelaskan minimal 4 tahun, sehingga tuntutan 5 tahun,” ujar kuasa hukum Yudi Ismail, Darul Huda.

Dalam fakta persidangan, terungkap juga bahwa sejumlah bukti ambruknya jembatan senilai Rp 17 miliar tersbut disebabkan karena kekurangan volume pekerjaan.

 

Reporter : Elsa Pratiwi

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *