Komisi III DPRD ‘Desak’ Proyek Jembatan HKSN Rampung Maret

Banjarmasin, DUTA TV Rombongan Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, meninjau proyek pembangunan Jembatan HKSN di Banjarmasin Utara, Jumat kemarin (05/03/2021).

Proyek penghubung transportasi angkutan dan orang ini, dibangun hanya sebatas badan jembatan, dengan alokasi dana APBD senilai 27 miliar rupiah.

Namun dari hasil kunjungan didapati proyek tak memenuhi target perampungan. Proyek yang harusnya rampung di akhir tahun 2020 kemarin, justru molor ke Maret ini.

Lihat Juga :  Wakil Rakyat ‘Desak’ Jembatan Alalak 1 Dibuka

“Jadi kita sudah lihat langsung, sudah terjadi pelaksanaan, hanya tinggal beberapa hari yang bisa ditoleransi. Kami berharap akan segera selesai, sehingga tak ada lagi persoalan. Kami ingin pastikan, apakah bisa diselesaikan, kalau lihat perkembangan dan tidak selesai, maka akan kami panggil PU dan kontraktor,” kata M. Isnaini, ketua komisi III DPRD Banjarmasin.

Kontraktor Berdalih Temui Banyak Kendala

Lihat Juga :  Baru Setengah Jadi, Jembatan Ini Roboh Diterjang Banjir

Sementara kontraktor pelaksana PT Trias Karya mengakui keterlambatan proyek, lantaran terkendala pembersihan utilitas di sekitar proyek, serta sejak pandemi dilakukan pembatasan kerja. Akibat itu kontraktor mendapat sanksi denda keterlambatan 1 permil perhari dari nilai kontrak yang belum dikerjakan.

“Dari segi teknis tidak masalah, ada beberapa perubahan design, dan utilitas seperti listrik, Telkom, PDAM, dan yang agak lama listrik, karena selama listrik tidak dipindah, lokasi pemancangan berdekatan dengan kabel. Musim Covid juga aktifitas dibatasi, itu juga pertimbangan kami, serta ada lahan yang belum ada kesepakatan dengan PU, itu yan menjadi kendala molor,” ucap Taufiqurrahman, kontraktor pelaksana.

Lihat Juga :  Meski Rampung, Jembatan HKSN Belum Bisa Difungsikan

proyek tahun tunggal senilai 27 miliar ini, kembali akan dilanjutkan guna penyempurnaan penyambung jembatan, dengna anggaran total 30 milyar rupiah.

Reporter : Fadli Rizki

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *