Komisi I Segera Realisasikan Pengembangan Desa Wisata di Kalsel

JAKARTA, DUTA TV Komisi I DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke direktorat jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi RI di Jakarta. Kunker itu dalam rangka mewujudkan keinginan Pemprov Kalsel mengembangkan desa wisata yang ada di Kalimantan Selatan.

Sekretaris komisi satu DPRD Kalsel mengungkapkan kunker ini agar pihaknya bisa mengetahui bagaimana mendapatkan anggaran dana desanya melalui pemerintah pusat.

Seperti diketahui, pengembangan desa wisata ini adalah model pengembangan yang mengedepankan peran serta masyarakat dalam pengembangan wisata. Masyarakat bukan hanya dilibatkan tetapi sebagai pelaku utama dalam pengembangan wisata sesuai dengan potensi di daerahnya.

“Bebebrapa hal yang telah disampaikan khsusunya bagimana kesiapan dan trik agar desa wista yang kita harapkan dapat terbantu dan terproram melalui anggaran desa yang dikucurkan pemeirntah pusat,” Suripno Sumas Sekretaris Komisi I DRPD Kalsel.

“Ini Potensial, Kementrian desa memfokuskan tentang pariwista, ini angin segar Kalsel yang memiliki desa wisata,” ujar Fahrani Ketua Pansus II Raperda Pemberdayaan Desa Wisata.

Raperda pemberdayaan desa wisata sendiri sudah dikaji dan diuji publik sejak 3 bulan lalu. Perda ini, diharapkan potensial dilaksanakan di Kalimantan Selatan, apalagi bidang pariwista merupakan salah satu program nasional unggulan yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Tim Liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *