Karya Bakti TNI Bantu Hubungkan Konektivitas  Daerah Terpencil

Foto : dutatv

Banjarmasin, DUTA TVGubernur Kalimantan Selatan Dr H Sahbirin Noor menyaksikan langsung penandatangan serah terima Pekerjaan Karya Bhakti TNI antara Korem 101 Antasari dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Senin (31/01/2022) .

Penyerahan Pekerjaan Karya Bhakti secara administrasi berlangsung di Kediaman Gubernur di Banjarmasin.

Karya Bakti TNI yang diselenggarakan Korem 101/Antasari dengan Pemprov Kalsel di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Program ini TNI bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta kemanunggalan TNI-Rakyat.

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli MP mengatakan,  kegiatan Karya Bakti TNI sudah rampung pada 17 Desember 2021.

Pekerjaan meliputi penyiapan badan jalan sepanjang 8 x 12.400 meter dan pengerasan jalan sepanjang 5 x 3.556 meter, menghubungkan antara Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, dengan Desa Tanjung Kecamatan Bajuin, Tanah Laut.

“Jalan tembus ini gagasan Paman untuk membuat konektivitas, terlebih menghadapi MTQN tahun ini yang rumahnya adalah Provinsi Kalsel. sehingga akses masyarakat dari kota Pelaihari lebih lancar menuju lokasi  kegiatan nantinya,” ujar Zulkifli.

Kegiatan fisik ini diprioritaskan untuk membantu membuka daerah terpencil, dengan membuka akses yang lebih luas untuk pemasaran hasil bumi dan produk-produk yang ada di desa, guna mendukung pertumbuhan roda perekonomian masyarakat pedesaan.

Zulkifili  berharap, akses jalan yang sudah terbangun ini, berlanjut dengan peningkatan jalan yakni pengaspalan, sehingga jalan yang dilalui masyarakat lebih nyaman.

Pada saat peresmian, Gubernur mengatakan, percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah sekarang dimulai melalui kawasan pinggiran, untuk mengurangi desa yang terisolir.

Karenanya, pembuatan dan pengembangan infrastruktur yang menghubungkan desa sangat diperlukan.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan, tujuan diadakannya Karya Bakti TNI Tahun 2021 di Kabupaten Banjar adalah meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar.

Tujuan lain  mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam rangka akselerasi pembangunan di daerah.(pr)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.