Kadiskominfo : Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pemkab Tanah Bumbu Raih Kategori Baik

Tanah Bumbu, Duta TV – Indek Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) Tahun 2020 meraih kategori Baik.

Hal tersebut diketahui setelah Kemenpan RB melakukan kegiatan evaluasi SPBE Tahun 2020 melalui metode evaluasi mandiri. Hasilnya, SPBE Kabupaten Tanah Bumbu meraih kategori Baik.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanbu, Ardiansyah, Jum’at (05/02/2021).

Dikatakan Ardiansyah, dari tahun ke tahun nilai indeks SPBE Pemkab Tanbu mengalami peningkatan.

Pada tahun 2018 Indeks SPBE tercatat sebesar 1,73 masuk kategori cukup, tahun 2019 tercatat sebesar 2,37 masuk kategori cukup, dan tahun 2020 meningkat menjadi 3,00 masuk kategori baik.

Lihat Juga :  Ketua DPD PSI Tanbu Hadiri Peringatan Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul

“Pada tahun 2018 mendapat nilai 1,73 atau kategori cukup karena pada tahun tersebut baru mulai. Secara layanan pada tahun itu sudah ada dan lengkap, cuma kebijakan dan tata kelola masih lemah. Namun pada tahun 2019, kita terus lakukan evaluasi dan usaha yang hasilnya nilai SPBE mengalami peningkatan,” ujar Ardiansyah.

Kemudian di Tahun 2020 terus berusaha dan bekerjasama dengan SKPD di Tanbu sehingga nilai indeks SPBE Tanbu 2020 meraih kategori Baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Lihat Juga :  dr HM Zairullah Azhar & Muhammad Rusli, Resmi dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Periode 2021 – 2024

“Setiap tahun dilakukan evaluasi dan penilaian SPBE mulai dari Kementerian, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia. Penilaian dilakukan oleh Kemenpan RB bekerjasama dengan Perguruan Tinggi,” ucapnya.

Adapun yang menjadi keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Tanah Bumbu yaitu pada aspek pelayanan.

Keuanggulan di tanbu dari segi layanan yang rata-rata di level 4. Artinya layanan sudah terintegrasi dari layanan ke layanan lain. Kemudian ada hasil evaluasi juga. Layanan tersebut ada manajemen kepegawaian, perencanaan, penganggaran, manajemen keuangan, manajemen kinerja, ada pengaduan publik, dan lainnya.

Lihat Juga :  Minggu Keempat Januari 2021, Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional Dalam Kondisi Stabil

Sementara itu, Bupati Tanbu, H. Sudian Noor, menyambut baik dengan meningkatnya pelayanan berbasis elektronik di Tanah Bumbu. Hal ini tentunya merupakan usaha bersama untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Bupati berharap Indek SPBE ini terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga dapat menghasilkan layanan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat, pelaku usaha, dan instansi pemerintah.

Terkait Indeks SPBE Tanbu yang meraih predikat Baik, Bupati H. Sudian Noor menyampaikan ucapan terimakasih kepada SKPD Pemkab Tanbu dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan SPBE tersebut. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *