Jahit Bareng Puluhan IRT Lumbu Raya Tapin    

 

DUTA TV TAPIN – Puluhan ibu rumah tangga (IRT) di desa Lumbu Raya Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin mengikuti pelatihan menjahit yang digelar oleh Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Al Mukarramah.

Satu per satu  mereka memamerkan hasil olahan yang dibuat selama pelatihan menjahit yang diadakan sejak beberapa bulan lalu.

Dari 20 orang peserta, sekitar 80 persen telah bisa mengaplikasikan jahitan dengan membuat hasil kreasi olahan yang tak kalah dengan para penjahit profesional.

“Cara membuat pola badan berdasarkan ukuran. Terus tentang cara pemotongan kain, baik berupa baju, rok dan juga memberikan pelatihan  dan mengenal mesin jahit tahap dasar. Sehingga mereka bisa memakai dengan baik dan terampil,”ujar Yuraini, Ketua PKBM Al Mukarramah.

Digelarnya pelatihan dasar menjahit ini diharapkan dapat memberikan keahlian kepada para peserta dalam membuat pakaian, yang nantinya bisa dijadikan modal untuk membuka usaha rumahan guna meningkatkan ekonomi keluarga.

“Alhamdulillah kami sudah bisa menjahit pola dasar ini dan insyaallah sudah bisa membuka menjahit di rumah. Semoga tahun – tahun depan bisa diadakan ketrampilan seperti ini,”ujar salah seorang peserta, Rusima Ridha.

Meski hampir semua peserta sudah menguasai teknik dasar menjahit, namun mereka harus lebih mengasah kreasi dan keterampilannya agar dapat mengembangkan usaha menjahitnya.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *