Jaga Populasi, DKP Kalsel Tebar 30.000 Benih Ikan Gabus di HSU

Hulu Sungai Utara, DUTA TV — Guna menjaga populasi ikan di perairan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalimantan Selatan menebar 30.000 ekor benih ikan gabus berukuran 3-5 cm, di Hulu Sungai Utara, Selasa (13/4/2021).

Selain itu, Kepala DKP Kalsel, Rusdi Hartono, juga mengatakan penebaran benih ikan lokal bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, dan meningkatkan produksi perikanan tangkap bagi perairan yang dimanfaatkan sebagai tempat penangkapan ikan.

Lihat Juga :  Hingga Kini, RSUD Ansari Saleh Catatkan Kesembuhan 2.000 Pasien COVID-19

“Jenis ikan yang ditebar adalah jenis ikan lokal yang spesifik dan bernilai ekonomis tinggi di masyarakat seperti ikan gabus (haruan),” ujar Rusdi.

Rusdi berharap, penebaran benih tersebut dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan perairan dan memacu stakeholder untuk berperan aktif dalam mendukung kelestarian sumber daya ikan di daerah.

Lihat Juga :  Pelaksanaan Ibadah Bulan Ramadan di Masjid Harus Menerapkan Prokes Ketat

“Sehingga, keberadaan ikan-ikan lokal yang menjadi kebanggaan kita dan menjadi ciri khas dapat tetap lestari, dan kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas ) sebagai ujung tombak pengawasan sumber daya ikan ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian sumber daya ikan tersebut dari penangkapan ikan yang illegal,” kata Rusdi. MC Kalsel/Rns

Tim liputan


Informasi ini juga bisa dilihat di website Diskominfo Kalsel Klik disini

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *