Akibat Banjir, Pemprov Kalsel Akan Bangun Ulang Jembatan Mandiangin

Banjarbaru, DUTA TV Pemprov Kalsel melalui Dinas Pekerjaan Umun Penataan Ruang Kalsel akan membangun ulang jembatan Mandiangin, Kabupaten Banjar. Jembatan tersebut rusak karena akibat banjir yang melanda wilayah Kalsel pada bulan lalu.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, Yasin Toyib mengatakan kerusakan jembatan tersebut sangat parah sehingga perlu dibangun ulang.

“Berdasarkan pemantauan, kerusakan cukup parah yakni bagian pondasinya jebol akibat tergerus banjir yang cukup deras sehingga mengakibatkan akses jalan terputus,” kata Yasin Toyib, Banjarbaru, Rabu (3/3/2021).

Lihat Juga :  Peran Disdag Kalsel Dorong Produk Lokal Tembus Pasar Ritel Modern

Yasin menambahkan, karena kerusakan terjadi di bagian pondasi maka penanganannya dengan membangun kembali yang baru.

“Kita sudah terjunkan tim konsultan untuk melihat kondisi kerusakan jembatan,” jelasnya.

Oleh karena itu, pembangunan jembatan tersebut diperkirakan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp6 miliar. “Itu baru hitungan sementara, bisa kurang bisa juga lebih apabila dikerjakan nanti,” ujarnya.

Lihat Juga :  Dinas Koperasi Dan UKM Kalsel Tingkatkan SDM Melalui Tenaga Pendamping Koperasi

Apalagi sekarang anggaran terbatas, jadi Dinas PUPR akan mencari biaya pembangunan jembatan Mandiangin melalui anggaran Dana Tak Terduga yang ada di APBD Provinsi Kalsel.

“Kita akan coba usulkan melaksanakan pekerjaan jembatan Mandiangin tersebut pada tahun 2021 ini melalui anggaran DTT yang ada di APBD Provinsi Kalsel, bila memang ada dananya maka pengerjaan akan kita mulai tahun ini,” ungkapnya.

Lihat Juga :  Dispar Kalsel Berupaya Temukan Solusi Inovatif Bangkitkan Sektor Pariwisata

Namun apabila kemampuan anggaran tak memungkinkan maka pengerjaan jembatan akan dilakukan pada tahun berikutnya menggunakan anggaran di Dinas PUPR Kalsel.

“Saya berharap pengerjaan jembatan Mandiangin dapat secepatnya dilakukan pada tahun ini juga. Hal ini mengingat jembatan tersebut cukup vital bagi masyarakat,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Tim liputan


Informasi ini juga bisa dilihat di website Diskominfo Kalsel Klik disini

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *