Ini Lho Pulau Begansar Yang Bisa Bergerak Sendiri di Kalbar !

Jakarta, DUTA TV Pulau Begansar mendadak viral di Youtube milik Indoflashlight. Dalam video tersebut, pulau itu bisa bergerak sendiri dan berpindah-pindah tempat.

Hal tersebut pun menyita perhatian publik. Pulau Begansar diketahui terletak di Danau Bagut di Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Pulau itu diberi nama Pulau Begansar, karena dalam bahasa setempat, begansar memiliki arti bergerak. Dosen Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Dicky Muslim menuturkan, Pulau Begansar merupakan fenomena alam biasa.

“Kalau dilihat dari secuil saya kira itu fenomena alami biasa. Kami menyebutnya sebagai sandbar atau pulau di tengah sungai. Bar ini diisi oleh pasir yang pada saat kering itu dia ditumbuhi oleh pohon sampai pohonya besar,” kata Dicky, Senin (1/8).

Dicky mengatakan, Pulau Begansar bisa bergerak karena ada akar tungang yang menancap pada dasar sungai. Alhasil Pulau itu sebetulnya tidak berjalan di atas sungai melainkan hanya bergerak mengikuti arus.

“Terus kalau misalnya sungai surut dia akan turun. Kalau misalnya dia tidak terhubung ke dasar sungai, itu pasti dia tidak akan diam di situ, dia pasti mengalir ke hilir atau ke muara sungai,” ujar Dicky.

Lebih lanjut, Dicky juga mengatakan ada material Pulau yang terlarut dalam air. Ha itu membuat material masih cukup tebal sehingga bisa diinjak orang dan pohonnya berdiri tegak.

Menurut Dicky, fenomena Pulau Begansar berlangsung musiman. Menurutna, jika air sungai surut, posisi Pulau akan diam.

Sebenarnya, obyek wisata Pulau Begansar sudah dibuka sejak 2016. Hal itu diungkap Sudarso, yang kala itu menjabat sebagai Kepala Desa Entibab Kecamatan Bunut Hilir.

Alasan baru dibuka pada 2016, karena akses jalan darat menuju Pulau Begansar baru dapat dilewati. Setelah ada akses jalan, masyarakat mulai ramai berkunjung ke Pulau Begansar.(cnni)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *