Hampir 1 Bulan, Harga Gula Melonjak Naik di Pasaran

DUTA TV BANJARMASIN – Di tengah langkanya komoditas gula di beberapa daerah membuat harga gula kini melonjak naik.

Diketahui kenaikan gula pasir ini terjadi dalam satu bulan terakhir, biasanya gula pasir dijual sekitar Rp12.000 ribu per kilogram, namun kini menjadi Rp18.000 ribu per kilogram ditingkat pengecer.

Langkanya gula di pasaran ini disebabkan karena menurunnya produksi tahun 2019, akibatnya harga gula naik sesuai dengan mekanisme pasar.

Salah satu distributor gula pasir di Banjarmasin H Aftah mengatakan, ditempatnya harga gula saat ini berkisar di harga Rp16.000 ribu per kilogram, namun ia memastikan stok gula untuk di Kalsel atau khususnya di Banjarmasin cukup aman.

“Kita saat ini mengalami krisis bahan baku penyebabnya gula Jatim tidak dapat memnuhi masyarakat Kalsel, pemerintah merealisasikan gula penugasan menjadi rafinasi, pabrik harus dilaksanakan meredam kelangkaan akan semakin Meningkat,” kata H Aftah Distributor Gula Pasir

H Aftah Distributor Gula Pasir

H Aftah Distributor Gula Pasir

Sementara itu dari pantauan harga gula di pasaran di Banjarmasin, kini sudah berada di harga Rp17.000 dan Rp18.000 ribu per kilogramnya, bahkan menurut salah satu pedagang kenaikan ini terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Selain melambatnya masa panen karena faktor cuaca yang tidak menentu, belum meratanya panen di beberapa daerah, juga menjadi salah satu faktor harga gula pasir naik.

Reporter : Mawardi & Ade Yanuar

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *