Guru di Pekalongan Mengajar Lewat Siaran Radio

Pekalongan, DUTA TV —  Kota Pekalongan memiliki inovasi belajar seru, selama masa pembelajaran jarak jauh berlangsung. Sejumlah guru melakukan siaran radio, untuk menjelaskan materi pelajaran sekolah setiap harinya.

Pemkot Pekalongan melalui Dinas Kominfo bersama Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) radio kota batik, memfasilitasi guru untuk mengajar dengan cara siaran pendidikan, sebagai penunjang proses kegiatan pembelajaran jarak jauh saat pandemi COVID-19. Program edukasi via radio ini disiarkan secara live setiap senin hingga Jumat di jam sekolah.

Pengawas SMP Dinas Pendidikan kota Pekalongan, Arti Rojatmi, di Pekalongan, Rabu 2 September mengatakan, belajar melalui radio bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam memahami materi. Selain itu, siaran radio tidak mengeluarkan biaya bagi siswa, sehingga dapat membantu meringankan biaya yang harus dikeluarkan orang tua selama PJJ berlangsung.

anak murid belajar lewat radio

anak murid belajar lewat radio

“Ini sebuah alternatif sedikit dari pemecahan masalah ya. Kemarin para orang tua banyak yang mengeluh tidak punya HP, ada HP tapi tidak kuat beli kuota dan sebagainya,” ujar Arti Rojatmi.

Para guru merasa terbantu dalam menyampaikan materi kepada siswa melalui radio pendidikan. Selain itu, siaran ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan selama PJJ dari rumah.

“Untuk pembelajaran, karna saya dari TK ya ada beberapa aspek pengembangan anak usia dini. Aspek-aspek ya diantaranya. Motorik, nilai agama dan moral, sosial dan juga ada seni juga,” kata Fitriah, Guru TK.

Selain melalui siaran radio, Pemkot Pekalongan juga menyampaikan materi PJJ melalui siaran televisi lokal. Diharapkan dengan berbagai macam metode yang disediakan, dapat memberikan kualitas belajar terbaik untuk semua siswa di masa pandemi COVID-19. (yus/ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *