DPRD Perjuangkan Asuransi Bagi Pemadam Kebakaran Swasta

DUTA TV BANJARMASIN – Mengupayakan keselamatan kerja bagi petugas pemadam kebakaran yang ada di Banjarmasin, DPRD berinisiatif akan merencanakan revisi perda no 13 tahun 2008 tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

Di kota sungai sedikitnya ada 365 barisan pemadam kebakaran swasta yang terdaftar, namun jumlah tersebut diyakini lebih banyak dikarenakan tingginya rasa empati dan kekeluargaan warga yang membentuk secara swadaya.

Anggota bapemperda sekaligus ketua balakar 654 Banjarmasin M. Faisal hariyadi mengatakan, dalam Raperda dicanangkan adanya klausul asuransi yang membantu kerja BPK dilapangan.

“Dalam draf raperda revisi ini membuat terobosan atau masukan, agar relawan Damkar mendapat asuransi ketika kecelakaan bertugas, sebab asuransi kepada relawan dan petugas Damkar belum pernah dilakukan Pemko, rencananya zonasi ada dua wilayah yang dipisahkan sungai Martapura. Misal, kebakaran arah melayu, BPK kawasan sungai seberang yang menangani, begitu juga sebaliknya,” tuturnya

M. Faisal hariyadi (kanan)Anggota DPRD Banjarmasin

M. Faisal hariyadi (kanan)Anggota DPRD Banjarmasin

Asuransi dinilai penting mengingat kinerja relawan BPK swasta sangat membahayakan dan beresiko tinggi, sehingga perlu dilindungi asuransi dan pihaknya kini tengah membahas soal sanksi dalam upaya pembagian zona tugas.

 

Reporter : Fadli Rizki

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *