DPRD Banjarmasin : Pemko Tak Siap Hadapi Banjir

Relawan membantu korban banjir di Kalsel (foto:antara)

Banjarmasin, DUTA TV — DPRD Banjarmasin menilai pihak eksekutif tidak siap dalam penanganan bencana banjir dan darurat air pasang di kota seribu sungai.

Saat rapat dengar pendapat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Selasa (16/02) pagi dikemukakan, indikatornya adalah ketersediaan alat dan sumberdaya manusia.

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Noor Latifah meminta pemerintah segera melakukan pembenahan untuk kesiapan menghadapi ancaman musibah dan bencana susulan.

“Ke depan kita minta tambahan usulan personil. SDM yang ditempatkan harus sesuai bidang, sepanjutnya pelatihan di daerah penanganan bencana yang  baik. Peralatan hampir bantuan dari pusat, peralatan beberapa kerusakan dan ada baru dibeli sesaat banjir kemarin. BPBD kita tidak siap,”katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPBD Banjarmasin Budian Noor menerangkan, anggaran yang dimiliki saat ini masih kecil. Untuk itu pihaknya mengupayakan agar jumlahnya bisa ditingkatkan.

“Masa tanggap darurat kita masih berlaku hingga 25 Februari. Anggaran sangat kecil, peralatan di BPBD kita siapkan perahu karet. Dari BNPB mobil dapur umum dan serbaguna. Anggaran kita andalan perubahan. Kita diminta lakukan penyesuaian dan akan kita sampaikan sesuai kebutuhan, di BPBD anggaran 2021 900 juta, kita upayakan peningkatan,”kata Budian Noor.

Dengan segala keterbatasan, kerja cepat serta upaya pembentukan Satgas Normalisasi Sungai, diharapkan tidak terhenti di tengah jalan dalam melakukan perbaikan saluran sungai di kota Banjarmasin.

 

Reporter : Fadli Rizki

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.