Pemerintahan Pendidikan

Disdik Banjarmasin Perketat Zonasi PPDB SMP Tahun 2019

DUTA TV BANJARMASIN – Tahapan penerimaan peserta didik baru atau PPDB tingkat SMP akan dimulai pada minggu terakhir bulan Mei 2019, namun sebelum PPDB dimulai calon peserta didik terlebih dulu harus mengetahui persyaratan pendaftaran tahun 2019.

Jika pada tahun 2018 calon peserta didik baru masih bisa memilih sekolah dengan radius terdekat, dan berbeda kecamatan, namun tahun 2018 pendaftaran akan lebih diperketat oleh pengurus inti Kelompok Kerja Kepala Sekolah atau k3S.

Ditahun 2019 calon peserta didik nanti hanya boleh mendaftarkan diri pada satu sekolah dengan radius terdekat dari tempat tinggalnya, serta masih berada dalam satu kecamatan yang sama.

Hal tersebut sesuai dengan Permendikbud nomor 50 tahun 2018 tentang zonasi PPDB serta hasil rapat pengurus inti Kelompok Kerja Kepala Sekolah atau k3S di Banjarmasin.

“2019-2020, PPDB tetap memakai sistem zonasi, sesuai dengan Permendikbud nomor 51 tahun 2018, sistem zonasi tahun 2019 ini lebih ada penajaman dari tahun 2018, ikut zona-zona, ditentukan daerah  administrasi sekolah didik asal atau Sekolah Dasar, ada 5 zona itu, masing-masing diikat oleh kecamatan, jadi lulusan SD di kecamatan A harus mengikuti sistem zonasi, jadi dia bisa mengikuti sistem zonasi di kecamatan A, tidak boleh menyeberang, ini memang seperti tahun 2018 lalu, tahun kemaren kita mutlak radius, bisa nyeberang dari zona satu ke zona lain, seleksinya tetap radius,” ucap Totok A Daryanto, Kadisdik Kota Banjarmasin.

Totok A Daryanto, Kadisdik Kota Banjarmasin

 

Di kota Banjarmasin sendiri, zonasi terbagi menjadi 5 sesuai jumlah kecamatan yang ada, dengan total 35 Sekolah Menengah Pertama dan 207 Sekolah Dasar, dan untuk daya tampung siswa SMP sebanyak 7.488 jumlah peserta dan 11.261 untuk anak didik Sekolah Dasar.

Reporter : Nina Megasari


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *