Debat Pertama Pilkada Kotabaru, Kedua Paslon Singgung Harmonisasi

Kotabaru, DUTA TVDebat publik pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati Kotabaru tahun 2020 telah berlangsung Senin malam (16/11/2020).

Paslon nomor urut 1 Sayed Jafar Al Idrus dan Andi Rudi Latif tiba lebih dulu di tempat acara, disusul beberapa saat kemudian paslon nomor urut 2 Burhanudin dan Bahrudin.

Pada debat perdana ini penyelenggara mengangkat tema peningkatan kesejahteraan dan pelayanan masyarakat.

Setelah penyampaian visi-misi dan sesi pertanyaan dari tim perumus, tensi mulai naik saat para paslon berkesempatan saling membedah visi-misi satu sama lain.

Seperti diketahui, dua calon kepala daerah yang berhadapan di panggung debat merupakan petahana bupati dan wakil bupati Kotabaru, namun keduanya sudah lama tak akur bahkan terlibat perang terbuka.

Masalah harmonisasi ini pun disinggung Sayed Jafar pada closing statement, dengan menyebut bahwa selama empat tahun lebih ia bekerja sendiri dan berharap jika terpilih nanti pasangannya akan setia mendampingi.

Membalas pernyataan itu, Burhanudin mengatakan bahwa ia akan menempatkan wakil bupati sesuai tupoksi dan tidak mengganggu kewenangannya sebagaimana yang diatur undang-undang.

“Paslon kami hanya bicara visi-misi dan kondisi daerah saat ini dan yang akan datang kalau terpilih, dan saya bangga kedua paslon sudah menunjukkan karakter masing-masing,” ujar Zulkifli AR, Tim Pemenangan SJA-Arul.

“Itu biasa-biasa saja artinya berbalas pantunlah masih sesuai koridor, mudah-mudahan debat berikutnya semakin tajam lagi visi-misi dan pendalamannya,” tutur Burhanudin.

“Saya juga mencermati tanggapannya bagus, tidak menyudutkan atau memprovokasi, yang bertanya juga menanggapinya tidak terbawa emosi, ke depan kami berharap masing-masing paslon menggunakan diksi yang baik dalam rangka memberi pencerahan dan pendidikan politik,” kata Zainal Abidin, ketua KPU Kotabaru.

Meski sempat saling singgung, suasana kembali sejuk saat seluruh paslon menutup debat putaran pertama ini dengan saling berjabat.

Kedua paslon akan kembali bertemu di panggung yang sama pada debat kedua yang akan diselenggarakan Selasa malam ini (17/11/2020).

Reporter : Nazat Fitriah

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *