Cegah Karhutla, Polisi Akan Pidanakan Pelaku Karhutla

Duta TV – Hulu Sungai Tengah, Mengantisipasi ancaman musibah kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, Polsek Hantakan Polres Hulu Sungai Tengah Polda Kalsel gencar galakan kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan himbauan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan kali ini dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Hantakan yaitu Aipda Kahar di Desa binaannya Desa Alat, Desa Bulayak, dan Desa Hantakan kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Minggu (5/07/2020)

Sebagai bentuk sosialisai, petugas memasang spanduk bahaya karhutla hingga membagikan maklumat Kapolda Kalsel tentang larangan membakar hutan dan lahan serta himbauan kepada masyarakat akan bahaya dari pembakaran hutan dan lahan.

Himbauan ini dilakukan untuk mencegah agar titik api tidak muncul di wilayah tersebut dan menekan tingkat bahaya karhutla utamanya di provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu, bahaya membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar bisa merusak ekosistem, pencemaran udara, gangguan kesehatan dan juga ada sanksi hukuman pidana bagi masyarakat yang melakukan pembakaran hutan atau lahan.

Terkait kegiatan tersebut, Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto., S.I.K , melalui Ps. Paur Subbag Humas Aipda M. Husaini, S.E, M.M mengatakan kegiatan ini bertujuan agar masyarakat pada saat membuka lahan pertanian atau perkebunan tidak dengan cara dibakar karena akan berdampak buruk terhadap lingkungan, akibat asap yang ditimbulkan dari pembakaran tersebut dan terlebih lagi akan terancam hukuman pidana.

Program sosialisasi tersebut sesuai dengan kebijakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K.,S.H.,M.H. yang Ke-5 (Lima) membantu kebijakan pemerintah di wilayah hukum polda kalsel agar dapat berjalan lancar guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tim Liputan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *