Karhutla

Bupati/Walikota Diharapkan Ikut Padamkan Karhutla

DUTA TV BANJARBARU – Bupati  dan Walikota diiharapkan ikut turun  memadamkan api yang ada di wilayahnya, agar kebakaran hutan dan lahan (karhutla)  tidak sampai meluas.

Hal tersebut sebagaimana sambutan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi  Kalimantan Selatan, Abdul Haris Makkie sebelum dibukanya secara resmi rapat koordinasi (rakor) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalsel, Kamis (19/09).

“Saya berpesan kepada seluruh bupati/walikota di setiap daerah, agar dapat menjaga ataupun turun langsung ke lapangan untuk memadamkan api,” tulis Gubernur.

Tak hanya gubernur, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bendana (BNPB) Doni Monardo, juga mengajak seluruh komponen untuk ikut serta mencegah maupun menanggulangi karhutla di daerahnya masing-masing.

“Sudah tidak ada lagi waktu untuk berdiskusi. Sudah terlalu banyak kita mengadakan rapat, sekarang kita harus turun langsung ke lapangan,” tegas Doni Monardo.

Khusus menyoroti permasalahan kebakaran di daerah berlahan gambut, menurut Doni, hanya hujan yang dapat memadamkannya secara total.

“Karena lahan gambut merupakan fosil batubara muda yang jika dalam kondisi kering, mudah terbakar dan sulit untuk dipadamkan,” jelasnya.

Rawa gambut, lanjut Doni, kodratnya harus berair. Jika ia tidak basah, maka mudah terbakar dan sulit untuk dipadamkan. Sedang untuk membuat hujan buatan, diperlukan awan yang cukup dan memiliki potensi.

 

Tim liputan


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *