Pemilu

Bawaslu Kotabaru Amankan Paket Sembako Dari Rumah Caleg

DUTA TV KOTABARU – Badan pengawas pemilu kabupaten Kotabaru Sabtu (13/4) malam, mengamankan 11 karung berisi paket sembako dari rumah berinisial AS, warga jalan Wiramartas desa Rampa kecamatan Pulau Laut Utara.

AS merupakan caleg DPRD kabupaten Kotabaru daerah pemilihan I dari Partai Amanat Nasional, diduga melakukan pelanggaran pemilu dengan membagikan sembako secara gratis kepada masyarakat.

Ketua bawaslu Kotabaru Mohamad Erfan mengatakan, temuan berawal dari adanya informasi masyarakat dan langsung ditindaklanjuti dengan turun ke lapangan bersama tim Gakkumdu.

Selain barang bukti 143 bungkus beras seberat masing-masing satu kilogram dan 73 paket sembako berisi minyak goreng, gula, dan susu kaleng, juga ditemukan alat bukti lain yakni 1 lembar daftar nama penerima sembako dan bahan kampanye berupa kartu nama.

“Kami menemukan dugaan politik uang dengan mbagikan sembako, info masyarakat kami tindak lanjuti, bersama tim Gakkumdu ternyta benar, ada barang bukti yang kami bawa, kami harus merapatkan dengan tim Gakkumdu dan kemudian kami plenokan apakah ada unsur pidana, klao ada pidana dalam 1×24 jam kami teruskan ke sentra Gakkumdu,” ucap Erfan.

Dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum pasal 280 ayat (1) huruf  J menyatakan bahwa pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu dilarang menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye pemilu.

Reporter : Nazat Fitriah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *