Bapas Banjarmasin Gelar Baksos dan Bimbingan Untuk Napi Asimilasi

DUTA TV BANJARMASIN – Demi memperbaiki kepribadian dan mencegah adanya kasus tindakan kriminaliasi dari napi asimilasi, Balai Pemasyarakatan kelas I Banjarmasin, menggelar kegiatan bakti sosial dan bimbingan kepribadian kepada puluhan narapidana asimilasi, di Masjid Nurul Jannah Banjarmasin, Kamis pagi (25/06/2020).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Kemenkumham Kalsel ini, para napi asimilasi langsung mendapat pencerahan dari ustadz Ahmad Mubarok, yang dilanjutkan dengan melakukan bakti sosial membersihkan masjid.

Kegiatan ini diharapkan bisa merubah para napi asimilasi agar benar benar memiliki kepribadian yang baik, dan tidak mengulangi kesalahan atau perbuatan mereka, dan diharapkan bisa lebih berguna di masyarakat nantinya.

“Jadi hari ini adalah kegiatan bakti sosial dan bimbingan kepribadian yang di gelar bapas kelas I Banjarmasin untuk napi asimilasi, kriminalisasi yang saat ini marka itu sebearnya dari 39.000 se-Indonesia hanya ada 40 kasus atau orang dan 14 nya ada di kalimantan selatan, harapanya ini bisa benar-benar membuat mereka berubah,” ujar Abdul Karim, kadiv pemasyarakatan kanwil Kemenkumham Kalsel

“Kita memliki jumlah narapidana asimilasi dengan 5 kabupaten/kota ada 1.180 orang, dan yang mendapatkan integrasi dan bebas bersyarat, menjelang bebas sekitar 1.400 jadi 2.000 lebih, jadi kami melakukan kegiatan ini adalah sebagian dari asimilasi dan lainnya, untuk diberikan bimbingan kepribadian agar tidak kembali melakukan kegiatan kriminaliasi dan mengulangi lagi,” tambah Bagus Kurniawan, Kepala Bapas Kelas I Banjarmasin.

Diketahui saat ini tercatat ada 39.000 napi asimilasi dari seluruh Indonesia hasil  program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Dari angka tersebut 40 orang napi asimiliasi kedapatan kembali berulah. 14 Orang diantaranya ada di Kalimantan Selatan.

Reporter : Ade Yanuar

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *