Bantuan Bagi UMKM Mulai Disalurkan Bulan Agustus

DUTA TV JAKARTA – Pemerintah mulai menyalurkan program bantuan sosial produktif bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada bulan Agustus ini.

Dalam diskusi virtual Selasa 11 Agustus, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, program tersebut masih terkendala verifiaksi data, karena terdapat penyimpangan antara data di Kementerian Sosial dengan kenyataan di masyarakat, yang belum diperbarui sejak 2015.

Menteri Keuangan menegaskanan pemerintah tidak bisa menunggu sampai semua data terkonfirmasi. Penyaluran tetap dilakukan berdasarkan data yang ada. Sedangkan untuk mereka yang berhak namun belum menerima bantuan, pemerintah program bantuan sosial lainnya.

“Nah yang ini untuk usaha kecil menangah tadi kita akan mengggunakan data yang ada, plus data yang ada dalam perbankan yang memiliki mungkin account kurang dari satu atau dua juta, seperti di BRI itu memiliki sekitar sembilan juta orang, sehingga kemudian kita akan memilih bagaimana targeting terhadap mereka,” ucapnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menkeu menambahkan pemerintah akan terus melakukan pembersihan data, sehingga penyaluran bisa tepat dan akurat kepada masyarakat yang berhak menerima.

Sri Mulyani memastikan program ini tidak akan menimbulkan masalah dari sisi akuntabilitas di kemudian hari. Program bantuan sosial diaudit oleh auditor eksternal dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (cah/ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *