Awalnya Coba-Coba, Akhirnya  Ardani Siap Panen Biji Kopi

Kotabaru, DUTA TV — Empat tahun lalu, tanah seluas 4 hektare milik Ardani (50) hanyalah padang ilalang. Namun kini sejauh mata memandang terlihat barisan pohon kopi dengan buah yang sudah matang.

Ardani mengaku awalnya dirinya hanya coba-coba untuk membudidayakan kopi karena belum terdengar ada petani kopi di kabupaten Kotabaru. Selain itu kopi juga memiliki pasar yang luas dan memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Lihat Juga :  Kopi Liberika Segera Dikembangkan di Batola

Ardani tak menyangka biji kopi yang ia tanam di sela sayuran ternyata bisa tumbuh bahkan berbuah, meski ada juga beberapa pohon yang mati karena serangan hama. Saat ini tanaman kopi jenis arabica dan robusta yang dikembangkannya siap untuk dipanen. Hanya saja ia masih kebingungan untuk memasarkannya .

“Pertama coba-coba karena tidak ada orang yg nanam kopi di Kotabaru ini. Alhamdulillah bagus perkembangannya, perawatannya mudah tidak seperti cengkeh misalnya harus dirawat benar-benar. Belum ada rencana gimana kedepannya ini, saya hanya berharap setelah mungkin orang-orang tahu ada kopi di sini jadi berminat mau membeli,”uajrnya.

Lihat Juga :  Kopi Liberika Segera Dikembangkan di Batola

Setelah berhasil menanam kopi, ardani berharap selanjutnya ada pembinaan dari pemerintah terkait teknik budidaya kopi yang baik.

Pasalnya selama ini ia hanya mempraktikkan teori yang dipelajari secara otodidak. Dengan adanya pembinaan, kualitas produksi bisa ditingkatkan sehingga kopi dari Kotabaru mampu bersaing.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *