Aplikasi Teknologi Tepat Guna Pengolahan Limbah Cair Pada Home Industry

Banjarbaru, DUTA TV — Usaha pabrik produksi tahu dan tempe khususnya di Banjarbaru kini bisa bernafas lega. Pasalnya limbah cair yang selama ini dibuang cukup menjadi pemicu pencemaran lingkungan di masyarakat dapat diatasi dengan hadirnya inovasi teknologi.

Inisiasi ini muncul seiring permasalahan kesehatan lingkungan terutama dalam upaya menurunkan kandungan polutan, agar dapat memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan sesuai dalam permen lh ri nomor 5 tahun 2014.

Terdapat dua mitra yang dipilih menjadi lokasi kegiatan dan disambut antusias. Selain itu mitra yang digandeng menyatakan siap berkontribusi dalam membangun ipal sesuai kemampuan dan memenuhi kewajiban sebagai pelaku usaha.

Kegiatan ini dirangkai selain sharing ekspose hasil penelitian yang melibatkan berbagai instansi di kota Banjarbaru, yakni Bappeda, DLH, PUPR, Dinkes dan perwakilan mitra, juga dilangsungkan ujicoba pengolahan limbah cair. Diharapkan dapat menjadi alternatif acuan dalam pengolahan limbah cair home industry dan memicu kesadaran pelaku usaha untuk meminimalisir dampak.

Reporter : Gusti Muhammad Hermawan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *