Akses Jalan Nasional Pascabanjir di Kalsel Pulih

Banjarmasin, DUTA TV — Sejumlah akses jalan nasional pascabanjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) telah pulih. Hal ini seiring rampungnya pembangunan jembatan darurat dari rangka baja (Pbailey) yang sebelumnya putus.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Maesa Soegriwo, selama ini diberlakukan sistem buka tutup di perlintasan tersebut.

“Memang pengguna jalan mesti bersabar karena masih kami berlakukan sistem buka tutup mengingat kondisi kekuatan jembatan yang terbatas baik di Kabupaten Banjar maupun di Kabupaten Tanah Laut,” katanya, Rabu (24/2).

Lihat Juga :  Realisasi Fisik Pembangunan Jembatan Sungai Salim Capai 98%

Untuk jembatan Sungai Salim di Kabupaten Banjar, Maesa mengatakan, kendaraan yang melintas dibatasi beban maksimal tonase 10 ton sesuai Surat Edaran Gubernur Kalimantan Selatan. Sementara jembatan di Jalan Ahmad Yani Kelurahan Pabahanan, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut juga telah pulih akses jalannya meski kendaraan dari arah Banjarmasin menuju Kota Pelaihari masih dialihkan ke jalur alternatif.

Lihat Juga :  Wakil Rakyat ‘Desak’ Jembatan Alalak 1 Dibuka

Sedangkan kondisi Jalan Gubernur Syarkawi yang membentang di Kabupaten Banjar hingga di Kabupaten Barito Kuala kini juga terus dilakukan perbaikan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalsel. Ditlantas Polda Kalsel mengerahkan anggota Satuan PJR dan Subdit Bin Gakkum membackup Satlantas Polres jajaran untuk berjaga mengatur arus lalu lintas di kawasan penting urat nadi perekonomian di jalur darat Kalsel itu.

Lihat Juga :  Tanggap Darurat Banjarmasin Usai, Normalisasi Sungai Lanjut

Begitu juga sarana kapal penyeberangan bagi truk-truk yang sementara belum bisa melintas di Gubernur Syarkawi sudah beroperasi normal. Selain di Sungai Alalak, kapal jenis LCT yang melayani angkutan truk juga tersedia di Pelabuhan Martapura Baru di Banjarmasin.

“Yang penting saat ini para sopir truk bisa mematuhi petunjuk dan arahan petugas di lapangan. Semuanya mesti bersabar hingga kondisinya benar-benar pulih pascabanjir,” lanjutnya.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *