Rehabilitasi Lahan, Achmad Fikry Tanam 700 Pohon Bersama Warga

DUTA TV HULU SUNGAI SELATAN – Aksi penanaman serentak se-Kalimantan Selatan dan gerakan pemulihan daerah aliran sungai tahun 2019 juga dilaksanakan di kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Jumat (25/10/2019).

Dimana Bupati Achmad Fikry secara langsung ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon bersama warga desa lumpangi kecamatan Loksado di kawasan hutan lindung yang kondisinya kritis.

700 berbagai jenis bibit pohon yang ditanam secara serentak, dengan harapan dapat mempercepat proses rehabilitasi lahan di wilayah tersebut.

“Hari ini melakukan gerakan menanam se-Kalimantan Selatan serentak sesuai dengan surat edaran dari gubernur, dalam rangka terus menanam dan menghijaukan daerah kita dan juga daerah aliran sungai. Dan akan terus berlanjut dengan menanam pohon disemua desa,” terang Fikry.

Sementara itu menurut kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan atau KPH wilayah Hulu Sungai, Rudiono Herlambang menjelaskan bahwa kabupaten Hulu Sungai Selatan sendiri terdapat 450 hektar lahan kritis dari 2075 hektar di tiga kabupaten, sehingga sangat perlu dilakukannya rehabilitasi terutama bagi hutan lindung dan hutan produksi.

“Di kabupaten Hulu Sungai Selatan itu sekitar 450 hektar, karena dari 2075 hektar itu terbagi dari 3 kabupaten, dari 450 hektar itu terdiri dari hutan lindung dan hutan produksi jadi semuanya disesuaikan dengan keinginan masyarakat. Untuk tahun ini baru kita rehabilitasi karena masyarakat sangat antusias,” ujarnya.

Pasca ditanam, diharapakan masyarakat dapat menjaga dan merawatnya, agar seluruh hasilnya nanti dapat dinikmati bersama.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.