473 KK di Bati-bati dan Tambang Ulang Terdampak Banjir

Tanah Laut, DUTA TVCurah hujan yang cukup tinggi dalam seminggu terakhir, mengakibatkan banjir melanda wilayah kecamatan Bati-bati dan Tambang Ulang kabupaten Tanah Laut.

Banjir tak hanya menggenangi pemukiman warga, namun juga fasilitas umum, seperti jalan raya, bangunan sekolah dan pondok pesantren di dua kecamatan tersebut.

Berdasarkan data BPBD Tanah Laut sedikitnya 473 kepala keluarga di kecamatan Tambang Ulang dan Bati-bati Tanah Laut, terendam banjir.

Diketahui untuk Desa Gunung Raja kecamatan Tambang Ulang, sebanyak 39 KK dan untuk desa benua raya kecamatan Bati-bati Tanah Laut sebanyak 434 KK yang kini terdampak banjir.

BPBD Tala bersama relawan dan aparat TNI Polri, saat ini sudah menyalurkan bantuan logistik atau paket Sembako, kepada warga yang terdampak banjir. selain itu petugas juga melakukan pengaturan lalu lintas di ruas jalan raya Ahmad Yani yang tergenang banjir dari luapan air sungai.

“Beberapa hari banjir di benua raya 434 KK Yang terdampak, Desa Gunung Raja 39 yang terdampak, karena intensitas hujan yang tinggi jalan tergenang setinggi 10 cm mengakibatkan kemacetan kendaraan, jelang akhir tahun Tala jadi magnet pariwisata. pagi hari dari Banjarmasin ke Pelaihari antrian cukup panjang, sore arus sebaliknya macet di Gunung Raja,” ujar Muhammad Kusri, Kalak BPBD Tanah Laut.

Sementara itu dari perkiraan petugas BPBD, dalam beberapa hari kedepan wilayah kali besar kecamatan kurau juga masih berpotensi terjadinya banjir, akibat air kiriman dari Bati-bati dan Tambang Ulang.

Wilayah kali besar kecamatan Kurau sendiri merupakan muara aliran sungai dari Bati-bati dan Tambang Ulang, sehingga warga yang tinggal di bantaran kali besar diharapkan untuk waspada terhadap banjir susulan.

Reporter : Suhardadi

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *