16 Tipe Kepribadian MBTI, Kamu Termasuk Yang Mana? – Bagian 1

Selama ini kita mengenal 4 Karakter Manusia yang terbagi dalam Plegmatis, Melankolis, Sanguinis, Koleris. Namun saat ini, ada metode analisis kepribadian yang tidak kalah populer bahkan menjadi bio tambahan di media sosial, yaitu Myer Briggs Type Indicator.

Myer Briggs Type Indicator yang disingkat dengan sebutan MBTI, adalah metode psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI saat ini mulai digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar sebagai salah satu rangkaian dalam tes penerimaan karyawan baru karena dinilai cukup efektif dalam membaca karakter manusia.

Walau analisis kepribadian tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus melalui tahapan yang cukup kompleks serta didampingi oleh orang yang kompeten dibidangnya, namun tidak ada salahnya anda mencoba untuk menguji secara sederhana dengan mengunjungi website www.16personalities.com secara gratis. Dan untuk mengenal lebih lanjut, berikut 16 tipe kepribadian MBTI yang terbagi dalam 4 kelompok.

 

Kelompok Analis

 

1. INTJ (Kepribadian Arsitek)

Kepribadian yang paling tinggi dan sebagai salah satu tipe kepribadian yang paling jarang dan paling mampu secara strategis, Arsitek sangat paham hal ini. Arsitek hanya berjumlah dua persen dari populasi manusia, dan wanita dengan kepribadian ini sangat jarang, hanya 0,8{5b1a8e93fac51023fbcea5a31a1f1c34877e15d45a6e19a88118d1d7c5787696} dari populasi manusia – seringkali merupakan tantangan bagi mereka untuk menemukan individu yang memiliki ketertarikan yang sama yang mampu tahan terhadap intelektualisme tajam dan manuver berbelit mereka. Orang dengan tipe kepribadian Arsitek adalah orang yang imajinatif tetapi tegas, ambisius tetapi menjaga privasi, sangat ingin tahu, tetapi mereka tidak membuang-buang energi mereka.

 

2. INTP (Kepribadian “Ahli Logika”)

Tipe kepribadian Ahli Logika ini sangat jarang, hanya mencapai tiga persen dari populasi, yang tentu saja merupakan hal yang bagus bagi mereka, karena tidak ada yang membuat mereka lebih tidak bahagia daripada menjadi “umum”. Ahli Logika berbangga diri dengan daya cipta dan kreativitas serta perspektif dan akal yang kuat yang mereka miliki. Biasanya dikenal sebagai filsuf, pemikir, atau profesor pemimpi, Ahli Logika bertanggung jawab untuk sekian banyak penemuan ilmiah sepanjang sejarah.

 

3. ENTJ (Kepribadian “Komandan”)

Komandan dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki bakat karisma dan percaya diri, dan menonjolkan kekuasaan dengan cara sedemikian rupa yang dapat menarik orang banyak dengan suatu tujuan bersama. Tidak seperti tipe Protagonis yang lebih sensitif, Komandan dicirikan oleh tingkat rasionalitas yang tidak pandang bulu, menggunakan pendorong mereka, teguh pendirian dan pemikiran yang tajam untuk mencapai hasil apa pun yang telah mereka tentukan untuk diri mereka. Mungkin ada baiknya mereka hanya mencapai tiga persen dari populasi, jika tidak mereka akan menguasai tipe kepribadian yang lebih pemalu dan sensitif yang merupakan sebagian besar dari populasi di dunia – tetapi kita memiliki Komandan untuk membantu kita dalam berbagai bisnis dan institusi yang kita percayai begitu saja setiap hari.

 

4.      ENTP (Kepribadian “Pendebat”)

Kepribadian tipe Pendebat adalah “provokator” ulung, yang menumbuhkan proses menghancurkan argumen atau kepercayaan dan membiarkan akibatnya dilihat oleh semua orang. Tidak seperti kepribadian yang lebih nekat, Pendebat melakukan hal ini bukan karena mereka mencoba mencapai tujuan yang lebih jauh atau target strategi, tetapi karena untuk suatu alasan sederhana bahwa hal ini menyenangkan. Tidak ada orang yang menyukai proses adu mental lebih dari Pendebat, karena itu memberi mereka kesempatan untuk melatih kecerdikan mereka yang cepat, dasar pengetahuan yang luas, dan kapasitas untuk menghubungkan ide berbeda guna membuktikan maksud mereka.

 

Oleh : Nureza Hasanah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *