1.234 Hektar Lahan Persawahan Serasi Alami Fuso Direndam Banjir

DUTA TV MARTAPURA – Inilah sebagian lahan persawahan dari program nasional Serasi, di desa Sungai Kitano, dan Pekauman, kecamatan Martapura Timur, kabupaten Banjar, yang sudah berusia 2 bulan terendam air akibat banjir yang melanda di wilayah tersebut.

Berdasarkan keterangan Dinas Pertanian dan tanaman hortikultura kabupaten Banjar, dari luas tanam 14.356 hektar, sekitar 2.087 hektar terkena dampak banjir yang menggenangi wilayah kabupaten Banjar.

Bahkan menurut Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura Banjar Muhammad Fachry, dari 2.087 hektar, sekitar 1.234 hektar mengalami fuso atau gagal panen, karena terendam sepenuhnya didalam air yang terjadi selama 5 hari terakhir.

“Luas tanam kita capai 14.000 hektar lebih, dan 1.234 hektar lebih fuso teredam banjir,” ujar HM Fachry.

Sementara itu salah satu petani di desa sungai Kitano, Mahli menilai jika program Serasi terkesan dipaksakan karena tidak sesuai dengan kondisi iklim yang terjadi di kabupaten Banjar, sehingga banyak padi yang terendam.

“Memang ada kesalahan waktu untuk program serasi,” ujar salah seorang petani, Mahli.

Dari keterangan petani, sawah yang terendam juga rentan mati lantaran dengan usia 2 bulan bisa diserang hama keong emas.

Reporter : Tarida Sitompul

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *