Cuaca Lingkungan

Warga Ujung Baru Keluarkan Biaya Ekstra Untuk Beli Air Bersih

DUTA TV TANAH LAUT – Musim kemarau sudah terjadi sejak empat bulan terakhir, di wilayah Kalimantan Selatan memicu berbagai persoalan, salah satunya  mengakibatkan kekeringan di wilayah kecamatan Bati-bati, kabupaten Tanah Laut.

Sumur-sumur milik warga di desa Ujung Baru kecamatan Bati-bati mengalami kekeringan akibat kemarau panjang pada tahun ini, meskipun kedalaman sumur mencapai 12 meter namun sumber air tampak hanya sedikit, hingga tidak cukup untuk keperluan sehari-hari warga.

Seorang warga Rudiansyah mengaku akibat sumur kekeringan dia dan keluarganya terpaksa membeli 4 jerigen air bersih dalam sehari, 1 jerigennya biasa dibeli seharga Rp2.500,- sehingga dalam sehari Rudi mengeluarkan biaya tambahan Rp10.000,- untuk membeli air bersih.

“Sumur kering sudah dari lama, jadi kami terpaksa terpaksa beli, sehari beli bisa sampai 4 jerigen dan mungkin sudah dua bulanan ini”, keluh Rudiansyah.

Rudiansyah

Rudi berharap kepada pemerintah setempat untuk membantu penyaluran air bersih di kampungnya  selama musim kemarau, dan dalam jangka panjang dia berharap agar pihak terkait membantu pembuatan sumur bor untuk sumber air bersih bagi warga sekitar.

Reporter : Suhardadi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *