Warga Riam Pinang Tanggap dan Waspada Tanah Longsor

Tanah Laut, DUTA TV — Rangkaian kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa TMMD  ke-111 Tahun 2021 dari Satgas TNI Kodim 1009/Tanah Laut , kali ini menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut, menyelenggarakan penyuluhan bagi masyarakat yang berada di lokasi TMMD, bertempat di Balai Desa Riam Pinang, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Selasa (22/06/2021).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sahrudin menyampaikan  bahwa Satgas TMMD Ke-111 berkolaborasi dengan BPBD untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Penyuluhan ini sangat penting diadakan agar masyarakat mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan sehingga mampu berperan aktif untuk mengurangi resiko, menghindari kerugian secara fisik, ekonomi maupun jiwa, jika terdampak bencana,” terangnya saat mengawali kegiatan.

Danramil 1009-06/Kintap Kapten Inf Jodi Mudasir selaku koordinator bakti sosial menyampaikan maksud dan tujuan penyuluhan, agar masyarakat mengetahui, mengerti dan memahami tentang bencana dan penanggulangannya, serta memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman yang ditimbulka.

“Terlebih situasi dan kondisi alam di daerah terutama Kabupaten Tanah Laut dan lokasi TMMD ini, merupakan daerah perbukitan yang memiliki potensi kerawanan terhadap bencana khususnya tanah longsor. Untuk itu diharapkan semua warga dapat mengantisipasinya melalui memelihara dan menjaga lingkungan dan alam sekitarnya, seperti reboisasi, tidak menebangan pohon sembarangan,”ujarnya.

Kegiatan dihadiri Kepala Seksi Kesiapsiagaan Mulyadi S.Sos., perwakilan anggota Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Riam Pinang dan warga masyarakat, kegiatan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

 

Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *