Warga Miskin di Kota Banjarmasin Capai 39.599 Rumah Tangga

DUTA TV BANJARMASINDinas Sosial kota Banjarmasin merilis angka warga miskin per tahun 2019 yang finalisasinya sendiri dilakukan pada Januari 2020.

Pada basis data terpadu Dinas Sosial, tercatat 39.599 rumah tangga yang warganya berpenghasilan rendah.

Dari data tersebut, tak menutup kemungkinan angka warga miskin di kota Banjarmasin melebihi 39.599. pasalnya data itu merupakan data rumah tangga, yang mana dalam satu rumah bisa terdapat lebih dari satu warga miskin.

Meski demikian, melalui kepala bidang pengolahan data informasi kesejahteraan sosial, Dinsos menyebut data warga miskin itu tidak tetap dan terus bergerak mengalami perubahan, seiring dengan perkembangan di lapangan seperti warga yang pindah tempat tinggal.

“Dari data 2019 yang finalisasi pada Januari terdapat 39.599 rumah tangga, kalau untuk kenaikan dan penurunan belum tahu, karena data ini selalu bergerak, di 2020 ini saja kita harus 4 kali melaporkan perkembangan data warga miskin tersebut,” jelas Nurhayani, kabid PDIK Dinsos kota Banjarmasin.

Sementara itu dari 39.599 warga miskin, hanya 21.168 rumah tangga yang mendapatkan program bantuan non-tunai, program keluarga harapan, serta rasko.

Reporter : Nina Megasari – Fadli Riski


Follow Me:


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *