Warga Gang Rahmat Sepakat Bongkar Bangunan di Sungai Pandu

Banjarmasin, DUTA TV Sejumlah warga berinisiatif membongkar bangunan rumah milik mereka di gang rahmat, di kawasan Ahmad Yani KM 3,5 yang tepat berada di bantaran sungai pandu, selasa (2/2/2021) siang.  Pembongkaran tersebut untuk normalisasi sungai yang menyempit.

Kawasan ini memang salah satu wilayah yang paling parah terdampak banjir beberapa waktu lalu, dan air juga sempat menggenangi rumah di kawasan ini selama hampir dua pekan.

Lihat Juga :  Fraksi PDIP Bersihkan Aliran Sungai Banguntan

Namun baru beberapa rumah saja yang dibongkar atas kesadaran pemilik rumah sendiri, dan sayangnya masih ada sejumlah bangunan yang masih berdiri di atas sungai tersebut, bahkan menolak untuk dibongkar.

Saleh satu penghuni rumah mengaku rela membongkar bangunan miliknya, seteleh mendapat surat peringatan.

“Karena peringatan diberi surat edaran, melewati siring harus dibongkar, alhamdulillah sadar, banjir sampai selutut sepinggang” ucapnya.

Lihat Juga :  Satgas Negosiasi Bongkar Jembatan Bangunan Gedung di Kawasan Veteran

Siti Rogayah Ketua RT setempat mengaku musibah banjir disertai dengan adanya surat edaran ini maka warga kami kita berikan penjelasan untuk membongkarnya.

“Jadi pas ini momennya, banjir besar, ada perdana surat edaran nya, untuk itu warga ulun membongkar” pungkasnya .

Sebelumnya, pihak kecamatan banjarmasin timur dan pihak kepolisian sempat menegur warga, yang bangunannya menutupi sungai. Teguran tersebut dilakukan sesuai surat edaran nomor satu tahun 2021, tentang pembongkaran bangunan di atas sungai untuk mengatasi banjir, di kawasan perkotaan dan permukiman.

Lihat Juga :  Markas BPK Sangga Lima Dibongkar Tim Satgas

Reporter : Zein

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *