Pemilu Politik

Warga Bisa Mencoblos Di Lain Daerah

DUTA TV BANJARMASIN – Penyelenggara Pemilu terus mendongkrak proses penyempurnaan data pemilih sebulan sebelum hari H pemungutan suara 17 April 2019 secara berjenjang, menyusul perampungan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tambahan dan khusus akan diterbitkan.

Dalam DPT B nantinya salah satu komponen pemilih yang diakomodir adalah warga yang pindah mencoblos dari domisili asal. Regulasinya berbeda  lantaran di pelaksanaan Pemilu 2019 ini pemilih bisa memilih alternatif pelaporan pindah memilih.

Komisioner KPU Kalimantan Selatan, Edy Ariansyah mengatakan, pemilih yang pindah tempat mencoblos bisa mendatangi langsung penyelenggara Pemilu seperti PPS atau KPU dengan menunjukanKTP.

“Untuk pindah pemilih Pemilu 2019, bisa 2 alur. Pemilih dapat melapor ke PPS KPU asal setempat, lanjut lapor ke tujuan memilih. Alur kedua bisa langsung ke kota tujuan. Prinsipnya pindah memilih paling lambar 30 sebelum hari sebelum pencoblosan. Jika dihitung 17 Februari 2019,”ujar Edy.

Hal ini menurut Edy sebagai upaya untuk melindungi hal pilih warga, penakelolaan layanan saat memilih, dan konsekuensi pada ketersediaan logistik Pemilu.

Sebagai upaya akomodasi hak pilih warga untuk memenuhi syarat dalam pesta demokrasi, KPU Kalsel mematok target partisipasi pemilu di Pemilu kali ini paling sedikit 77 ,5 dari jumlah DPT Pemilu.

 

Reporter : Fadli Rizki



Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *