Variasi Ketukan Kelompok Habsyi Desa Beringin Sukses Pukau Penonton

DUTA TV BATOLA Salah satu grup habsyi ini berhasil mencuri penonton dari sekian peserta, saat memperlihatkan aksinya di atas pentas.

Berbagai variasi ketukan mereka tampilkan saat melantunka syair – syair, seperti saat memukul alat tarbang.

Tidak hanya kelompok habsyi pria, beberapa grup habsyi perempuan juga ikut ambil bagian dalam festival tarbang kesenian hasbyi ini.

Secara keselurhan ada 23 kelompok habsyi yang terdir dari 14 putera, dan 9 kelompok puteri, mengikuti festival yang diselenggarakan di Anjir Subarjo, desa Jelapat, kecamatan Tamban, kabupaten Barito Kuala.

Mereka bersaing untuk menjadi yang terbaik, dengan berbagai variasi irama dan syair – syair sholawat.

Setelah penjurian, kelompok habsyi asal desa beringin kecamatan alalak berhasil meraih juara 1, dengan menyishkan para pesaingnya pada festival yang diselenggarakan selama 3 hari tersebut.

“Kami latihan setiap hari di langgar dan tidak menyangkalah juara 1, apa aja kemarin yang ditampilkan mulai ekspersi, sampai variasi juga, didapat dimana variasi digabung kombinasi dijadikan satu gerakan Irsahul Aula,” ujar Akhmad Bukhori, peraih juara 1 Festival Tarbang.

“Festival ini ada pada tingkat desa Jelapat, tetapi pesertanya umum, peserta dari mana saja, disini kami melaksanakan yang ke-10 kalinya. Antusias peserta juga semakin bertambah dan terus bertamabah saban tahun,” ungkap Hanafi, kepala desa Jelapat.

Selain sebagai ajang lomba, gelaran habsyi ini juga bertujuan untuk mewujdukan generasi cinta sholawat, cerdas dalam berkarya, serta berahlak mulia.

 

Reporter : Rahmatillah

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *