Transformasi Kopi Gayo Jadi Produk Kecantikan

Banda Aceh, DUTA TV — Untuk mengisi kegiatan positif di masa pandemi yang dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga dan memberikan manfaat bagi banyak orang,  warga desa Bergang Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah mengolah bubuk kopi Gayo menjadi produk kecantikan.

Warga desa Bergang mengolah kopi asli Tanah Gayo menjadi masker wajah, sabun mandi, hingga scrub pembersih tubuh.

Dalam proses produksinya, menurut salah seorang warga, Sri Atitin, bubuk kopi ditakar dan ditimbang kemudian dicampur dengan bahan alami pendukung lainnya yang baik untuk kulit seperti susu dan minyak kelapa hijau.

“Ibu-ibu semua ini bergerak mau usaha seperti itu, membantu ekonomi suami, dari pada tidak ada kegiatan apa-apa kami tergerak membuat sabun ini,”tutur Sri.

Warga lain, Halimatusakdiah menambahkan, dalam sehari, warga bisa menyelesaikan 15 bungkus kemasan scrub pembersih tubuh. Sedangkan untuk masker dan sabun dibutuhkan waktu pembuatan selama tiga hari karena harus melewati proses pengeringan dengan memanfaatkan panas matahari.

“Kami menggunakan bahan herbal, tidak memasukkan bahan-bahan yang dapat merusak kulit atau hal yang lainnya,”katanya.

Bahan dasar pembuatan produk kecantikan dari kopi ala ibu-ibu di desa Bergang terjamin alami karena 80 persen bahan yang digunakan berasal dari hasil perkebunan mereka.

Warga desa Bergang mangakui, produk kecantikan yang masih dipasarkan di wilayah sekitar desa ini mampu membantu ekonomi keluarga di tengah pandemi Covid-19.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *