Terdampak Fenomena Alam El Nino, Musim Tanam Padi di Kabupaten Banjar Molor

Martapura, Duta TV Kondisi tanah persawahan di sebagian besar wilayah Kabupaten Banjar sebagian titik terpantau masih dalam kondisi kering. Hal ini terjadi karena terdampak fenomena alam El Nino yang memicu kemarau berkepanjangan dan panas.

Selain lahan persawahan yang kering, lahan akses jalan pertanian juga dalam kondisi kering. Tidak terlihat persiapan petani untuk menabur bibit padi dalam persiapan tahap tanam pada bulan November.

Kondisi ini dikhawatirkan akan berdampak terhadap jadual tanam padi Oktober – Maret. Saat ini bulan Oktober hanya menyisakan beberapa hari, dan banyak petani yang membiarkan jerami padi mengering di lahan persawahan.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Nasrullah Sadik, pihaknya sudah memastikan jadual musim tanam Oktober – Maret mengalami keterlambatan. Hal ini disebabkan karena beberapa hari ke depan akan memasuki bulan November, dan petani masih menunggu curah hujan agar dapat menanam padi, terutama varietas lokal.

Jika musim tanam mengalami keterlambatan hingga bulan November, tanaman padi varietas Siam Banjar akan terancam langka karena membutuhkan masa tanam yang lebih lama, sekitar di atas 4 bulan.

Reporter : Tarida Sitompul

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *