Tempat Sembunyi Kena Bom, 9 WNI Dievakuasi dari Ukraina

Jakarta, DUTA TV Sembilan warga negara Indonesia (WNI) yang sempat terjebak di Chernihiv, Ukraina, di tengah invasi Rusia berhasil dievakuasi, Jumat (18/3). Para WNI mengaku lega bisa keluar sebelum tempat persembunyian mereka dibom.

Satu dari sembilan WNI itu, Iskandar, mengungkapkan langsung rasa syukurnya dalam konferensi pers daring yang digelar Kementerian Luar Negeri.

“Kemarin kami pulang dapat kabar, pabrik kami sudah kena bom di belakang, yang sebelumnya tempat kami sembunyi itu sudah kena bom. Jadi Alhamdulillah, terima kasih. Mungkin sudah ditakdirkan kalau kita keluar, sehingga terhindar dari musibah itu,” kata Iskandar.

Saat ini, ia sudah berada di zona aman di Polandia. Namun, untuk mencapai tempat aman itu, Iskandar dan kedelapan temannya harus melalui perjalanan panjang.

Ia harus menempuh perjalanan nyaris sehari melalui jalur evakuasi dari Kyiv, menuju Lviv, kemudian menyeberang ke wilayah Polandia.

Ia lega karena tak lagi harus bersembunyi di Kota Chernihiv yang kini terus digempur Rusia. Menurutnya, kondisi di kota itu memang sangat kacau.

Dalam empat hari terakhir ia di sana, akses listrik dan air sudah tidak ada. Ia juga mengaku sangat frustrasi harus bertahan di sana dengan iringan suara bom yang menggelegar di sekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, melaporkan bahwa sembilan WNI itu dijadwalkan terbang menuju Indonesia pada 20 Maret.(cnni)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *