Tanah Laut Kenalkan Kerajinan Kayu Ulin Di Apindo UMKM Expo 2020

DUTA TV BANJARMASIN – Inilah kerajinan kayu ulin yang diperkenalkan UMKM dari Apindo Tanah Laut, dalam gelaran Apindo UMKM Expo 2020 yang resmi dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Rabu (29/01) pagi.

Semua kerajinan dari kayu ulin ini dibuat dari limbah. Berbagai kerajinan itu yakni Cobek, Spatula, Meja, Kursi, Lampu Hias hingga jam yang berlatar belakang lukisan.

Menurut pengrajin kerajinan dari Tanah Laut, kayu ulin ini mereka buat karena banyaknya limbah kayu ulin di daerah mereka, alhasil kerajinan ini pun kini sudah dipasarkan di beberapa Provinsi di Indonesia bukan hanya di Kalsel.

“Jadi tertarik bikin kerajinan kayu ulin ini kami ngambil dari limbah, sayang kalau dijual ke pengepul kayu arang jadi  kami manfaatkan ada nilai jual, dan nilai seninya makanya kami bikin lukisan dan akesosris lainnya. Kalau pemasaran sampai ke Pulau Jawa alhamdulillah sudah tapi bukan pasar khusus melalui Sosmed,” Pengrajin Kayu Ulin, Jony Fink

Pengrajin Kayu Ulin, Jony Fink

Pengrajin Kayu Ulin, Jony Fink

“Kalau yang melukis ini sebenarnya bukan saya tapi Sopian Hadi beliau kuliah di Jogja belajar disana ketika pulang beliau menekuni ini banyak sambutan dari orang yg menggemari karya beliau kalau saya sendiri produk meja, bangku, lampu pernah sampai palembang Bandung, Bogor, Padang panjang sumbar,” ucap Sandiko Pengrajin Kayu Ulin

Dalam kesempatan ini jajaran Apindo Tanah Laut, juga memberikan cenderamata berupa jam dari kayu yang berlukiskan wajah ke menteri koperasi dan UKM serta Gubernur Kalsel Haji Sahbirin Noor, saat berkunjung ke stand Apindo Tanah Laut.

“Target kita Rp3 ribu jadi kita setahun, perlu banyak perkembangan UKM luar biasa sangat baik peran serta dari Apindo, yang juga mendukung UMKM kami kami sudah menyiapkan sentra promosi, UMKM kami bantu dengan bantuan, tidak ada bunga tidak ada bangunan untuk permodaaln UMKM, ini promisi mereka juga terimakasih kepada Apindo sudah mempromosikan tadi juga kita kasih bapak menteri,” kata Bambang Kusudarisman Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Tanah Laut

Bambang Kusudarisman (tengah) Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Tanah Laut

Bambang Kusudarisman (tengah) Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Tanah Laut

Dalam Expo yang digelar hingga 2 Februari mendatang. Apindo Tanah Laut juga menampilkan berbagai kerajinan lainnya, seperti kain sasirangan, tas anyaman bakul, tas rajut,  hingga penganan seperti madu murni dari lebah lokal.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *