Takut Longsor Susulan , Warga Panggung Baru Megungsi di Kebun Karet

Tanah Laut, DUTA TV  — Ratusan warga Desa Panggung Baru Kecamatan Pelaihari Tanah Laut, saat ini masih mengungsi di tengah perkebunan karet dengan membuat gubuk  sementara dengan beratapkan terpal.

Ratusan jiwa yang terdiri dari 76 kepala keluarga di r-t lima dan empat desa panggung baru ini, terpanksa mengungsi, lantaran rumahnya sangat berdekatan dengan lokasi longsor gunung keramaian yang terjadi pada pertengahan januari lalu.

Lihat Juga :  Puluhan Anak-Anak Pengungsi Ikuti Trauma healing

Sudah hampir satu bulan warga bertahan di pengungsian lantaran takut akan adanya longsor susula,  karena adanya beberapa retakan di gunung keramaian. Selain membuat hunian sementara di kebun karet, sebagian warga lainnya juga mengungsi ke sekolah serta Puskesmas setempat.

Salah satu warga Jubaidah mengatakan, rumahnya rusak  cukup parah akibat terkena longsor beberapa waktu lalu, hingga saat ini dia dan keluarga terpaksa harus mengungsi,  karena takut akan adanya longsor susulan.

Lihat Juga :  Belum Ada Laporan Covid-19 di Pengungsian Kalsel

“Rumah kami dekat sekali terkena lagi yang parah kena, belum pernah lagi tidur di rumah, tidak berani” ungkapnya

Sementara itu sebagian warga lainnya, yang rumahnya berdekatan dengan lereng gunung keramaian memilih bertahan dirumah, namun jika terjadi hujan lebat mereka bergegas menuju posko ataupun pengungsian sementara.

Musibah longsor di pegunungan atau bukit keramaian  berimbas terhadap warga di  dua desa di pelaihari terpaksa harus mengungsi,  yakni warga Desa Panggung Baru,  dan Desa Tungkaran Buah.

Lihat Juga :  Tala Fokus Pemulihan Ekonomi dan Pelayanan Publik Pasca Bencana

Reporeter : Suhardadi

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *