Tak Ingin PAD Terpaku Sektor Batubara, Komisi II DPRD Kalsel Perkuat Sektor Wisata

Bali, DUTA TV Komisi II DPRD Kalsel, terus menggenjot potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalsel, salah satunya dari sektor wisata. Wisata yang dimaksud, adalah wisata laut beserta ekosistemnya.

Pasalnya saat ini, PAD Kalsel 13 persennya masih terpaku pada sektor Batubara. Hal itulah yang membuat Komisi II terus menggali potensi, salah satunya belajar dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali.

Ketua Komisi II Imam Suprastowo mengakui, kedatangan rombongan untuk menggali informasi terkait retribusi perairan. Pasalnya Kalsel memiliki potensi wisata perairan yang cukup menarik, seperti yang ada di kawasan Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Bahkan keinginan itu sudah didukung dengan rencana Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel membentuk unit pelaksana teknis dinas atau UPTD baru, yang akan diberi nama kawasan konservasi perairan Bunati atau Angsana.

“Kalau di Kalsel memang hidup dari pertanian, sekarang banyak ditopang alam tambang 13 persen APBD kita dari tambang, ini harus bergeser karena dunia sudah berubah dari sektor mineral ke sektor energi baru dan terbarukan, ini baru sudah mobil aja banyak listrik, ini mengubah mindset warga Kalsel sehingga kedepan Bali wisata jadi bonus kita akan genjot pariwisata supaya orang banyak datang ke Kalsel menikmati alam, budaya, suku di Kalsel itu yang akan kita tawarkan nantinya,” kata Imam Suprastowo, Ketua Komisi II DPRD Kalsel.

Dalam kesempatan ini, Komisi II mengapresiasi pemerintah Bali, dimana Bali merupakan daerah pariwisata yang cukup signifikan bangkit secara ekonomi pasca pandemi. Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk Pemprov Kalsel.

Tim Liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *