Tahun ke Tahun, Sekolah Swasta Sepi Pendaftar

DUTA TV BANJARMASIN – Sepinya minat dan keinginan para orang tua dan peserta didik untuk mendaftar ke sekolah swasta dalam beberapa tahun terakhir, mendapat tanggapan ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan atau PPLP PGRI Banjarmasin, Dahri.

Dahri menilai, minimnya minat para calon peserta didik belakangan ini diduga tak lepas dari pemikiran negatif masyarakat terhadap sekolah swasta yang dinilai kalah bersaing dengan sekolah negeri, termasuk biaya di sekolah swasta lebih mahal dari sekolah negeri.

“Adanya pendapat sekolah swasta itu kurang bersaing dengan negeri, dan adanya gembar gembor di negeri itu gratis dan kalau di swasta itu mahal,” ungkapnya.

Dahri juga sempat mengkritik minimnya perhatian pemerintah terhadap keberadaan sekolah swasta.

“Soal perhatian pemerintah, sistem penerimaan zonasi menjadikan minimnya peminat di sekolah, dan kami berusaha meminta ke Disdik namun terkesan lebih mementingkan negeri, bahkan bisa dibilang sebelah matapun tidak melirik sekolah swasta,” tambahnya.

Sementara itu, beberapa sekolah swasta baik SMP maupun SMA PGRI, sempat menjadi pesaing bagi sekolah negeri baik dari jumlah peserta didik dan prestasi, akan tetapi seiring berjalannya waktu, hal tersebut semakin hilang dan sekolah swasta seolah semakin terpinggirkan.

Reporter : Ade Yanuar

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *