Tahanan Lapas Kelas IIA Banjarmasin Mendapat Asimilasi

Banjarmasin, DUTA TV — Rasa haru bercampur bahagia terlihat, usai para  warga binaan keluar dari pintu besi lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin, Rabu (27/01) siang.

Sebanyak 42 tahanan  mendapatkan  asimilasi rumah  sesuai dengan program dari menteri Hukum Dan Ham serta Dirjen Pemasyarakatan.

Tahanan yang mendapatkan asimilasi sudah memenuhi syarat sesuai dengan Permenkumham nomor 32 tahun 2020. Beberapa syarat diantaranya menurut  Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin Porman Siregar, harus sudah menjalani dua pertiga masa tahanan dan bukan tahanan kasus baru narkotika, pembunuhan, pemerkosaan, korupsi serta residivis.

Lihat Juga :  16 Napi Kelas II B Banjarbaru Mendapatkan Asimilasi

Ia berpesan agar para tahanan penerima asimilasi bisa berdiam di rumah dan berprilaku baik hingga masa tahanan mereka usai.

“Ada sebanyak 42 tahanan kali ini yang sudah memenuhi syarat. Dan diharapkan mereka bisa berubah berperilaku baik dan berdiam dirumah. Karena ini merupakan program pengurangan tahanan untuk pencegahan Covid-19,”jelasnya.

Setelahnya para tahanan asimilasi akan mendapatkan pengawasan dari Bapas. Sedangkan bagi tahanan yang kembali melakukan kejahatan akan langsung dijemput dan segala haknya sebagai tahanan dicabut, baik asimilasi maupun remisi.

Lihat Juga :  16 Napi Kelas II B Banjarbaru Mendapatkan Asimilasi

 

Reporter : Ade Yanuar

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *