Tagihan Air Bersih Masjid Al Karomah ‘Bengkak’ Bulan Depan Rp17 Juta

Masjid Agung Al Karomah Martapura

Martapura, DUTA TVSebagai Masjid Sentral dan Terbesar di Kalimantan Selatan, Masjid Agung Al Karomah Martapura, banyak dikunjungi masyarakat untuk sholat, maupun kegiatan ibadah lainnya, sehingga membutuhkan air bersih yang besar.

Kenaikan tarif PTAM Intan Banjar per bulan Agustus 2022, membuat masjid yang penuh Sejarah Syiar Islam dan Perjuangan ini ikut terdampak, hingga terbebani Biaya Air Bersih 200%. Jika sebelumnya rata-rata pengelola mesjid harus merogoh sebesar Rp5 juta perbulan, kini bengkak menjadi Rp15 juta di bulan Agustus, dengan pemakaian  air bersih 1.675 meter kubik.

Bahkan dari informasi, tagihan bulan September membengkak hingga Rp17,7 juta rupiah, karena penggunaan air mencapai 1.976 meter kubik.

Membengkaknya beban tarif air bersih, akibat kenaikan tarif yang disesuaikan dengan pemerintah pusat, membuat pengelola Masjid Al Karomah sedikit khawatir. Terlebih beban biaya di saat Bulan Ramadhan  dan Haul Guru Sekumpul, yang diprediksi bisa mencapai Rp40 juta.

Menurut Wakil Bendahara Pengelola Masjid Agung Al Karomah Martapura H. Didin, dengan kenaikan beban itu, sangat membebankan bagi pengelola dan berharap agar komisaris dan direksi PTAM Intan Banjar, mengembalikana ke tarif semula.

Menanggapi harapan pengelola Masjid Agung Al Karomah Martapura, Kabag Humas SDM PTAM Intan Banjar, Ermida, mengungkapkan dari evaluasi penggunaan air bersih Masjid Al Karomah Berfluktuasi Stabil, namun karena tarif golongan 1 sebesar Rp4.200 hanya sampai 10 meter kubik, maka sisanya dikenakan tarif golongan II sosial sebesar Rp9.000 per meterkubik, hingga mencapai Rp15 juta di bulan Agustus.

Sementara itu, untuk mengurangi beban biaya pasca kenaikan tarif, pengelola Masjid Al.Karomah disarankan, mengimbau jemaah untuk menghemat air, serta mengontrol keran secara berkala.

Reporter : Tarida Sitompul

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.