Sinovac Jamin Ketersediaan 40 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Untuk Indonesia

DUTA TV – Perusahaan vaksin asal China Sinovac Biotech LTD, dipastikan akan memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 untuk Indonesia, setelah menteri luar Negeri Retno Marsudi dan ketua pelaksana harian komite penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional Erick Thohir, menyaksikan pendantanganan kerja sama antara PT Bio Farma-Persero dengan Sinovac di kota Sanya, China pada 20 Agustus.

Erick menyebut kerja sama tersebut merupakan solusi yang saling menguntungkan, karena ada transfer teknologi dan pengetahuan antar kedua perusahaan produsen vaksin tersebut.

Sementara Retno menyebut, dalam lembar kerja sama pertama, kedua perusahaan menyepakati komitmen ketersediaan vaksin COVID-19 hingga 40 juta dosis, mulai Novemeber 2020 hingga Maret 2021. Sedangkan pada lembar dokumen kedua, Sinovac akan memberikan prioritas penyediaan vaksin kepada bio Farma, setelah Maret 2021 hingga akhir 2021.

“Bio Farma bukan tukang jahit, tetapi ada kesepakatan dengan dengan Sinovac  yang ada naamanya Transfer Knowledge, Transfer Teknologi ini yang perlu digarisbawahi,” ucap Erik Tohir.

Selain dengan Sinovac, Indonesia juga tengah menjajaki kerja sama dengan perusahaan farmasi china lainnya, Cansino Biologics dan Sinopharm. Indonesia juga akan terbuka dan menjajaki kerja sama internasional lainnya, untuk memastikan ketersediaan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif.

“Ini adalah kerjasama yang cukup panjang, antara Bio Farma dan Sinovac. Kita juga melakukan penajakan kerjasama vaksin dengan industri farmasi,” terang Retno.

Pemerintah memastikan, kapasitas produksi dan distribusi di dalam negeri untuk produksi dan vaksinasi massal akan terpenuhi. (RIS/ANT)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *