Satgas Ingatkan Sekolah Tatap Muka Butuh Kesiapan Penerapan Protokol Kesehatan

DUTA TV JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengingatkan sejumlah pihak terkait, mulai dari orang tua, pihak sekolah, dan pemerintah daerah, agar dapat memperketat penerapan protokol kesehatan saat berlangsungnya proses pembelajaran tatap muka di sekolah.

Dalam konferensi pers virtual bertema “Budaya Baru Agar Pandemi Berlalu”, Rabu 12 Agustus, di gedung Kominfo Jakarta, juru bicara yang sekaligus Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan, upaya tersebut mencegah terjadinya klaster baru penularan COVID-19 di lingkungan sekolah.

Lihat Juga :  Warga Desa Manunggal Karang Bintang Diedukasi Protokol Kesehatan

Wiku menjelaskan berbagai pihak yang berada di wilayah zona kuning maupun hijau, harus melakukan sejumlah tahapan sebelum memutuskan untuk membuka kembali sekolah. Mulai dari tahapan prakondisi, menentukan waktu yang tepat, prioritas, menghubungi koordinator pusat dan daerah satgas, serta melakukan monitoring dan evaluasi.

“Semua komponen itu harus disiapkan, dilakukan simulasi, kalau semuanya sudah siap, baru sekola itu bisa dibuka, dan itu bertahap, mungkin dari 30% dulu, jadi tidak serta merta karena sudah zona hijau dan kuning boleh tatap muka, langsung dibuka, gak bisa seperti itu” terang Wiku Adisasmito.

Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Wiku meminta pihak sekolah untuk benar-benar siap sebelum memutuskan untuk melaksanakan kembali sekolah tatap muka. Selain itu Orang tua murid juga harus memastikan transportasi yang digunakan anak-anaknya untuk berangkat ke sekolah terhindar dari kerumunan. (cah/ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *