Rifky Usul Pembuatan Bendungan Riam Kiwa

Banjar, DUTA TV — Banjir yang melanda 11 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan dalam sebulan terakhir tak hanya membuat pemerintah provinsi berpikir dan memutar otak  untuk menanggulangi masalah ini, namun juga pihak dewan perwakilan rakyat.

Pada bersama Kementrian PUPR beberapa waktu lalu, Komisi V DPR RI mengusulkan agar bendungan Riam Kiwa di Kabupaten Banjar bisa kembali dibangun.

Lihat Juga :  Dukung Penanganan Banjir, Pertamina Bantu BPBD Kalsel Perahu Karet Dan Tenda Pleton

Bendungan tersebut menurut  Komisi V DPR RI M. Rifqirizamy Karsayuda, diharapkan bisa menekan intensitas  debit air untuk meminimalisir resiko terjadinya banjir kembali seperti di wilayah Tapin yang tidak terlalu terdampak, lantaran sudah memiliki benduangan Tapin yang baru saja diresmikan.

“Jadi di 2021-2024 kami meminta dibangunkan satu bendungan ladi di kabupaten Banjar, yakni bendungan Riam Kiwa agar bisa menekan intensitas air. Seperti di Tapin yang tidak terlalu terdampak karena sudah memiliki bendungan,”ujarnya.

Lihat Juga :  Halaman Koramil 1007 Banjarmasin Timur Masih Terendam Air

Banjir yang terjadi di 11 kabupaten kota di Kalimantan Selatan ini juga berdampak besar terhadap para petani dan pengusaha tambak ikan yang kini mengalami kerugian cukup besar.

 

Reporter : Ade Yanuar

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *