Raperda RT/RW Kembali Disederhanakan Sesuai Ketentuan UU Cipta Kerja

Banjarmasin, DUTA TV — Pembahasan lanjutan raperda RT/RW kota Banjarmasin, kembali digelar tim Pansus di Sekretariat DPRD Banjarmasin, belum lama tadi.

Rapat bersama antara pihak eksekutif dan legislatif itu, secara khusus menggodok pasal per pasal dalam ketentuan tataruang wilayah kota sungai, yang dalam rapat sebelumnya sudah masuk pada pasal 88.

Dalam ketentuan pembahasan aturan, Raperda kembali disederhanakan mengacu pada undang-undang cipta kerja, sehingga klausul aturan yang akan terbit tidak tumpang tindih dengan ketentuan diatasnya.

“Ada perampingan pasal, karena dari kementeian, yang sifatnya pengulangan misal dari undang-undang, PP, permen, itu tidak boleh terulang, Jadi yang memang fokusnya tidak diatur dalam aturan pusat, Kemudian ada juga ketentuan yang dihilangkan, namun diatur dalam RDTR. Dirampingkan dalam Pansus bersama,” kata Jefri Fransyah Kasubbag Peraturan Perundang- Undangan Pemko Banjarmasin

“Rapat lanjutan pembahasan Raperda RT/RW, kemaren sudah dibahas sampai pasal 88 ayat 2, namun hari ini ada perubahan pasal yang disederhanakan oleh PUPR bersama konsultan, dari permendata dan PP 21 2021 tentang cipta kerja. Hari ini dimulai pasal 54, namun tidak merubah materi RT/RW, cuma menyederhanakn dan lebih diumumkan, lebih teknis ada pada RDTR,” ujar Arufah Ketua Pansus Raperda RT/RW

Dalam penyesuaian ketentuan aturan RT/RW itu, tim masih terus berkordinasi dengan kementrian ATR sehingga substansi aturan dapat diterbitkan dan dilaksanakan sesuai harapan, yang mana Perda RT/RW ini nantinya, penting menjadi acuan bagi program pembangunan dalam hal perijinan di kota sungai.

Reporter : Fadli Rizki

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *