Prakerja Gelombang 5 Dibuka Hari ini

 

DUTA TV – Pemerintah akan membuka program Kartu Prakerja Gelombang 5 pada Sabtu (18/8/2020) hari ini. Hal ini usai ditutupnya Prakerja Gelombang 4 pada Rabu (12/8).

Menurut Head of Communications Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu jumlah pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 4 mencapai lebih dari 1,2 juta orang. Padahal kuota yang tersedia hanya sebanyak 800.000 orang.

“Kami masih dalam perhitungan akhir. Jumlahnya di atas 1,2 juta pendaftar,” ungkap dia, Jumat (14/8/2020).

Louisa menjelaskan Kartu Prakerja Gelombang 5 akan dibuka pada jam 12.00 WIB secara online di website www.prakerja.go.id.

“Kuota gelombang 5 rencananya 800.000, sama seperti gelombang 4. Hal ini untuk menampung animo yang sangat tinggi,” sambungnya.

Sebagian kuota prakerja gelombang 5 akan diberikan kepada daftar prioritas dari Kementerian Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek).

Untuk mendaftar, calon peserta pertama-tama harus membuka website di alamat www.prakerja.go.id. Kemudian, mengisi alamat email dan password. Selanjutnya, konfirmasi melalui email untuk membuat akun Prakerja. Pada tahap ini, tidak ada lagi syarat swafoto dan digantikan dengan menggunakan Kartu Keluarga (KK) sehingga bisa langsung terhubung dengan NIK terdaftar.

Usai mengisi data, calon pendaftar akan menjalani tes motivasi dan kemampuan dasar. Hasil evaluasi akan keluar sekitar 5 menit usai ujian berakhir. Jika lolos, peserta diminta untuk memilih gelombang mana yang diikuti dan klik ‘gabung’.

Terakhir, layar akan memperlihatkan kartu persetujuan yang berisi pernyataan mendaftar program Kartu Prakerja dan klik ‘saya menyetujui’. Peserta pun resmi terdaftar Kartu Prakerja gelombang 5.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *